Tips Memandikan Anjing

Tips Memandikan Anjing

Mandi merupakan hal yang dilakukan oleh manusia namun hal itu juga berlaku dengan hewan apalagi hewan peliharaan seperti anjing. Memandikan anjing tentunya tidak bisa sembarangan dan tidak bisa dilakukan setiap hari karena setiap anjing memiliki ciri ciri fisik khusus dan kondisinya berbeda beda jika anjing yang sering berada di luar rumah pastinya akan lebih sering dimandikan namun jika hanya di dalam rumah anda bisa memandikannya jarang jarang.

Bagi sebagian anjing aktivitas mandi atau membersihkan diri merupakan hal yang menakutkan jadi tidak bisa sembarangan apalagi dari ras ras anjing tertentu ada yang memiliki bulu tebal dan juga tidak. Ada beberapa khasus anjing sering sakit karena sering dimandikan jadi tidak semua anjing perlu mandi dalam waktu berdekatan anda bisa memandikannya sebulan 2 x atau sebulan sekali saja cukup tergantung jenis anjing tersebut. berikut ini ulasannya.

Tips Memandikan Anjing yang benar

1. Tentukan tempatnya. Jika anjing Anda berukuran sangat kecil, Anda bisa memandikannya di bak cuci pakaian atau dapur. Anda bisa memandikan anjing yang lebih besar di kamar mandi atau bak mandi. Jika udara di luar rumah tidak terlalu dingin, Anda bahkan bisa memandikan anjing Anda di luar rumah.

2. Persiapkan anjing Anda untuk mandi. Sikat bulunya sebelum mandi. Hal ini sangat penting terutama jika anjing Anda memiliki bulu yang tebal, kasar, atau terdiri dari dua lapisan. Pastikan untuk meluruskan bulu yang kusut.

3. Potong kuku anjing Anda. Jika kuku anjing Anda perlu dipotong, maka potonglah sebelum memandikannya. Hal ini akan membantu mencegahnya mencakar Anda saat merasa gelisah atau sulit dikendalikan.

4. Siapkan semua yang Anda butuhkan. Setelah mulai memandikan anjing, semua yang Anda butuhkan harus berada dalam jangkauan Anda. Anda membutuhkan handuk, bola kapas, sampo anjing, hadiah untuk anjing, dan waslap atau spons. Jika Anda tidak punya selang air atau kepala shower yang bisa dilepas, Anda juga perlu menyediakan ember atau wadah lain untuk membilas anjing.

5. Letakkan bola kapas di telinga anjing Anda. Jika basah, telinga anjing bisa terinfeksi. [8] Meletakkan bola kapas di telinga anjing akan membantu saluran telinganya tetap kering.

6. Lepaskan kalung anjing Anda. Untuk membersihkan bagian lehernya, Anda perlu melepaskan kalung anjing. Jika Anda perlu menggenggam kalung anjing untuk mengendalikannya selama mandi, gunakanlah kalung anjing dari bahan nilon. Kalung dari kulit bisa mengerut jika basah, dan mencekik leher anjing Anda.

Baca juga : 7 Fakta Unik Tentang Anjing

1 tanggapan pada “Tips Memandikan Anjing”

  1. Pingback: 7 Manfaat Memelihara Anjing | Pecinta Anjing Indonesia

Tinggalkan Balasan